Apa Itu Digital Nomad dan Tips Menjadi Digital Nomad yang Sukses

Apa Itu Digital Nomad dan Tips Menjadi Digital Nomad yang Sukses 

Dunia digital yang berkembang jadi pesat menyebabkan semua hal jadi terasa berlainan bila dibandingkan bersama zaman dahulu. Berbagai kemudahan mampu kita dapatkan bersama instan seperti informasi, belanja barang-barang secara online apalagi bimbingan studi yang mampu didapatkan lewat digital. Seiring perkembangan zaman, nampak juga istilah digital nomad yang pas ini tengah banyak ditunaikan oleh para millenial. Sebenernya apa sih digital nomad?

Pengertian Digital Nomad

Digital nomad adalah sebuah istilah di mana seseorang mengambil keputusan untuk bekerja secara terlepas dan menggunakan teknologi supaya tidak terikat oleh pas dan tempat. Seorang digital nomad mampu bekerja kapanpun tanpa mesti pusing mengayalkan bangun pagi dan bekerja sampai malam. Digital nomad pun juga tidak mesti tiap-tiap hari berkunjung ke kantor sebab mereka mampu bekerja di mana saja seperti perpustakaan, coffee shop, rumah apalagi barangkali di pantai. Seorang digital nomad tidak punyai keterikatan pas dan daerah dalam bekerja supaya mereka mampu mandiri untuk mengerjakan suatu hal yang sesuai bersama hati dan minat. Asal ada jaringan internet, seoerang digital nomad telah mampu bekerja deh!

Macam-Macam Digital Nomad

Pernahkah kamu bertanya-tanya pekerjaan apa saja yang mampu dikatakan sebagai digital nomad?

- Seorang freelancer yang berprofesi sebagai penulis lepas, web programmer, apalagi admin sosial tempat yang mengurus aset klien bersama menyebabkan campaign online atau konten.

- Profesional yang bekerja secara mandiri bersama terhubung konseling, akuntan atau perlindungan hukum lainnya.

- Enterpreneur yang mengatur timnya menggunakan tools online.

- Seseorang yang menjual product digital layaknya e-book, panduan, website, print art, dan lainnya.

- Seseorang yang menggunakan dunia digital untuk berkarya seperti YouTuber yang meraih penghasilan dari kuantitas views atau subscriber atau influencer yang seringkali meraih sponsor.

Pro dan Kontra Digital Nomad

Dilihat dari langkah bekerjanya, banyak orang yang berpikir bahwa jadi digital nomad adalah sebuah impian, tapi lebih dari satu orang juga banyak mengecam digital nomad ini. Apa saja sih pro dan kontra jadi seorang digital nomad?

Pro:

- Tidak terikat bersama pas supaya kamu bebas sudi bekerja kapan saja. Beberapa digital nomad menggunakan pas liburan sambil bekerja supaya jadi enjoy

- Memiliki keahlian untuk mengatur pas bermain, bekerja apalagi menabung sekaligus

- Tidak mesti berkunjung tiap-tiap hari ke kantor

- Kebebasan untuk bersosialisasi dan menggunakan pas untuk mengeksplor kemampuan

- Tidak mesti hadapi macetnya perjalanan pagi hari ke kantor

- Memiliki banyak koneksi berasal dari berbagai wilayah lebih-lebih negara 

Kontra

- Tidak punyai penghasilan tetap

- Jam kerja yang sangat flekkibel supaya mampu saja jam istirahat jadi jam untuk kerja dan sebaliknya

- Tidak semua daerah punyai jaringan internet yang baik supaya kadang pekerjaan jadi tertunda

- Selalu berpindah-pindah tempat

Sukses Menjadi Digital Nomad

Menjadi seorang digital nomad tentunya memiliki tantangan tersendiri. Apalagi bagi seseorang yang baru saja memulai profesi ini pasti pusing bersama proyek yang tak kunjung datang. Menjadi digital nomad pun perlu kesabaran dan terhitung bisnis yang tinggi, lho! So, bagaimana sih jadi digital nomad yang sukses? 

1. Pilih bidang yang anda kuasai

Untuk menjadi digital nomad tentunya anda butuh prinsip yang tinggi. Oleh sebab itu, pilihlah bidang pekerjaan yang anda sukai dan pasti anda kuasai. Jika anda senang menulis, anda bisa manfaatkan keahlian anda menjadi seorang blogger yang bisa manfaatkan Adsense atau kecuali anda sangat detil didalam menginput data, anda bisa melamar menjadi seorang data entry.

2. Gunakan aplikasi atau layanan digital semaksimal mungkin

Beberapa orang tunjukkan bahwa sosial media merupakan toxic yang bisa pengaruhi mental. Nyatanya, kecuali anda manfaatkan sosial media bersama baik anda bisa memanfaatkannya untuk meraih penghasilan, lho! Banyak sosial sarana atau website yang digunakan untuk mempromosikan pekerjaan freelance. Maka dari itu, buatlah akun-akun di web site pekerjaan dan buatlah cv-mu semenarik mungkin.  Hal ini tidak menutup mungkin untuk dilirik oleh perusahaan yang butuh pekerja terlepas alias digital nomad ini, lho!

3. Kumpulkan portfolio

Punya hasil karya dari pekerjaan sebelumnya? Jangan disimpan sendirian! Kumpulkan semua portfolio anda dan susun didalam wujud yang gampang dibaca. Dengan ada portfolio ini bakal memudahkan anda untuk melamar ke perusahaan yang butuh seorang pekerja lepas. Dari portfolio yang anda kumpulkan bakal terlihat di bidang mana yang anda sangat kuasai.

4. Membatasi sementara bermain dan bekerja

Menjadi digital nomad yang berhasil secara finansial? Pintar-pintarlah membagi sementara antara bermain dan bekerja lebih-lebih untuk anda yang baru bakal memulai pekerjaan ini. Jangan hingga pengeluaran lebih besar dari pemasukan yang tidak pasti datangnya. Menghabiskan sementara bersama mengeksplor tempat-tempat baru lebih-lebih travelling keliling dunia sah-sah saja, tetapi kecuali bisa berbanding lurus bersama proyek-proyek yang didapatkan ya.

Comments

Popular posts from this blog

Susunan Ruang Rumah 4 Kamar yang Bagus

Kerugian Negara Akibat Katarak Mencapai 84,7 T

Kuasai Seni Merek Jam Tangan Wanita Dengan 6 Tips Ini